B. Arab Menurut kalian, apakah Pandemi covid-19 adalah takdir Allah ? Jelaskan !

Menurut kalian, apakah Pandemi covid-19 adalah takdir Allah ? Jelaskan !

Jawaban:

Hanya saja, kata Isnan Ansory dalam bukunya Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit, keyakinan ini bukan berarti seseorang pasrah tidak memiliki kehendak untuk memilih. Sebab takdir Allah atas manusia, dapat dibedakan menjadi dua.

"Yaitu takdir yang manusia tidak dapat menolaknya dan takdir yang manusia diberikan kehendak untuk memilih atau ikhtiar," katanya.

Hal ini sebagaimana ditegaskan di dalam surah Al-Hadid ayat 22-23 yang artinya. "Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri."

Isnan menerangkan, pada ayat 22, Allah menegaskan apa yang terjadi di alam semesta, semuanya merupakan kehendak Allah yang mutlak, di mana manusia tidak bisa menolaknya. Konsep takdir ini, dalam ilmu akidah disebut dengan taqdir kauni atau taqdir mubrom. semoga membantu

Jawaban:

iya,karena sesungguhnya hanya Allah SWT yang hanya bisa menentukan takdir

Penjelasan:

maaf klo salah:(

semoga membantu^-^

[answer.2.content]